Web Hosting

Rabu, 28 Januari 2009

Masalah pada Flash Disk : Flash Disk Tidak Bisa di Format

Kemaren waktu saya coba nyimpen data di flash disk tiba tiba aja ada message box kaya gini

pertamanya kaget juga"kenapa nih?"akhirnya saya putuskan gak jadi nyimpen di flash disk,terus saya coba hapus filenya eeeh gak bisa juga, dalam hati saya"wah paraah nih". Akhirnya saya putusin mau diformat aja flash disknya mungkin kena virus.Ternyata gak BISA DIFORMAT!! waduh gimana nih masa ini flash disk mau saya buang? sempat berpikir sejenak akhirnya saya putusin cari info aja di google. dan hasilnya ketemu artikel semacam ini:

Pengetahuan pada artikel kali ini adalah :

* Flash Disk mengalami Write Protect Error
* Anda tidak dapat membuang file atau memasukan file ke dalam Flash Disk
* Upaya melakukan format pada Flash Disk mendapatkan pesan Write Protect
* Flash Disk terkadang mengalami hal yang sama bila digunakan oleh computer berbeda. Dan tetap tidak dapat digunakan oleh computer anda, walaupun terkadang dapat bekerja pada computer lain

Pesan ditampilkan pada Windows XP :

Pada pesan pertama, pesan muncul ketika dilakukan format

Pesan ke 2 ketika file lakukan write file atau memindahkan file ke flash disk

Pesan ke 3 adalah pesan lainnya ketika flash disk dimasukan data dari harddisk



Tip dengan CHKDSK dan Format melalui Dos Prompt:

1. Masuk ke DOS Prompt Windows XP dan ketik CHKDSK /F Drive letter : (chkdsk /f v :)
2. Selesai memeriksa dari Check Disk (CHKDSK), coba anda buang file yang ada pada Flash Disk dengan perintah Del drive letter:*.*. Contoh pada perintah membuang file dari Flash Disk di drive V: adalah DEL V:*.*
3. Sekali lagi anda coba format dengan perintah Dos Promt. Format V:
4. Atau gunakan cara melalui Computer Management dan lihat volume drive V, dan anda coba format. Bila masih terdapat pesan error lakukan boot pada computer

Tahap 1



Tahap 2




Tahap 3.4


Result

Flash disk anda mengalami corrupt. Cara yang disebutkan diatas adalah untuk memperbaiki flash disk yang corrupt file dan mengalami file protect ketika mengcopy atau memindahkan data serta tidak dapat melakukan format.

Selesai melakukan format pada Flash Disk, tetapi anda mendapat pesan yang sama ketika melakukan format. Coba anda lakukan boot pada computer untuk me-refresh Windows XP agar mengenal Flash Disk anda. Bila masih mengalami hal sama, coba anda ulangi kembali melakukan chkdsk, bila masih terdapat pesan invalid link. Bila kedua kalinya anda masih mengalami hal tersebut, cara yang kami berikan tidak berlaku untuk flash disk anda ;-)

Kasus Flash Disk Write Protect terkadang hanya terjadi pada satu buah computer sementara beberapa waktu masih dapat digunakan oleh computer berbeda. Tetapi dapat juga langsung terjadi pada semua computer yang ketika anda menghubungkan Flash Disk anda baik pada sistem Windows XP atau OS lain

Hal lain dapat saja membuat error pada flash disk anda dan belum tentu disebabkan karena corrupt file yang membuat kasus seperti diatas.

sumber : www.computerdion.wordpress.com


akhirnya setelah dicoba di computer lain bisa juga flashdisk dipake lagi alhamdulillah. gak jadi keluar duit

16 komentar:

aalil Belajar SEO mengatakan...

hehe,,, ane juga pernah ngalamin kasus kayak gini neh..pnya temen tapi..

untung bsa ane buka pake bantuan software gt...

keep share..

thanks,,

aalil.blogspot.com

Anonim mengatakan...

Oooo bisa juga pake jara ni toh...

devil mengatakan...

Belum pernah ngalamin!!!he22222222

Anonim mengatakan...

Kalau untuk harddisk eksternal bisa juga ga ?

terima kasihi atas infonya yang sangat membantu saya

Anonim mengatakan...

rayne mo nanya......flashdisk q kingston 2G.waktu mo nyimpan gambar2 en halaman2 web waktu browsing eh muncul tulisan "...because a file already exist with the same name as the 'files directory.." lalu nggak mau kesimpan deehhh. Masa dari 2G yg bisa kepakai cuma 138MB. Gmn sih caranya biar tuh 2G bisa kepakai smuaa.......?????

masa subur mengatakan...

Info tentang flash disknya ok.

Anonim mengatakan...

cara di atas dah tak coba tapi NIHIL....

Anonim mengatakan...

gak bisa ni broooooooo.............. pusnig pala q,,,,,,,,,,ada cara lain gak bozzzzzzzz........thanks ya,,,,,

Anonim mengatakan...

bozzzzzzzzzz........klo ad cara lain tolong kasi tau ya bozzz,,,, aq pnya merk my disk tapi gak bisa di apa2in ni bozzzzz, mau masukin and ngluarin data gak bisa, tyuzzzz aq cba format eeeeehhhhhhhhh gak bisa jg, aq jadi pening..........tolong ya bos.......!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!111

adhiwahyudy mengatakan...

cara diatas saya rasa kurang ampuh, karena saya dah coba dan no change anything, saya punya cara paling mantabz, dn saya mau share dikit buat teman2 yang ngalamin ini. Bisa di lihat di http://adhiwahyudy.blogspot.com

nasgor mengatakan...

ni aq lagi ngalamin penderitaan itu.
virusnya ntu buat shortcut file sendiri.
bingung mw format fd. pi ngga bsa di format

Anonim mengatakan...

terima kasiih.... berguna tuk saya.,thanks again...

Anonim mengatakan...

tolong sy pnya 2 fd (yg 1 merk hp 4gb, 1 ny merk pqi 8gb)kasus : k2 fd tsb k bc d komp, tp ga bs d open ato d format. sy dah coba lakuin spt sampeyan2 tp tetep aja g bs. Pada bagian storage>disk management sy klik knn ga mncul “create partition”, tp “chang drive letter and path.., propertis, help”. pad disk1 (komen Vahh) ada ket “no media” . tolong d bantu ya..? trim’s all

Nur Cahyadi Ahmad mengatakan...

artikelnya nyontek tanpa permisi bos
hati-hati!
bisa kena UUD

Unknown mengatakan...

saya punya flask disk yang rusak di rumah, setiap kali saya colokin di pc dan saya ingin buka selalu ada perintah untuk memformat, jadi saya coba memformatnya. berhasil sih dan fd saya bisa terbuka lagi,tapi setiap kali saya lepaskan dari pc dan memasangnya kembali di pc lagi-lagi muncul perintah untuk memformat.mohon bantuannya

mely mengatakan...

thank you for info. your website complete and very useful.
I wait for my visit back to the web. may be useful for you too.

always successful.

Posting Komentar